ARTI SEBUAH NAMA MENJADI SEBUAH CERITA

"ARTI SEBUAH NAMA MENJADI SEBUAH CERITA"

ARTI SEBUAH NAMA MENJADI SEBUAH CERITA

Sejenak terbesit dalam pikiran, teringat disaat pengalaman pribadi yang saat itu hanya menghitung hari saja lagi lulus pada pendidikan tingkat dasar. Kebiasaan dikeluarga kecil kami yaitu melakukan makan selalu bersama-sama entah itu makan pagi, siang dan malam (Abah, Mama dan Adik), saat itu ditanya oleh kedua orangtua kemana keinginan ku melanjutkan pendidikan selanjutny, kebetulan waktu dilontarkan pertanyaan tersebut waktu makan siang.
Pertanyaan yang dilontarkan kurang lebih seperti ini, kemana kamu ingin melanjutkan apa mau ke SMP atau TSANAWIYAH? Spontan aku menjawab dengan polos, aku mau masuk pondok pesantren, kebetulan dulu aku mempunyai cita-cita ingin jadi polisi yang mempunyai besik agama.
Mendengar keinginan seorang anak yang polos menginginkan melanjutkan jenjang pendidikan pesantren yang tentunya besik utama yang akan diajarkan pada pendidikannya yaitu agama, apa lagi pesantren yang ku pilih adalah pondok salaf, dengan semangat kedua orangtua mendukungnya.
Tidak ada sedikit pun ku bayangkan bagaimana rasanya terpisah dengan kedua orangtua, bagaimana rasanya hidup mandiri. Singkat cerita aku dikirim kesalah satu pon-pes yang ku inginkan, disana aku mulai merasakan hidup sendiri bersosial dengan teman-teman yang baru, belajar menghargai orang-orang disekeliling.
Pada awal pertama masuk sekolah yang paling berkesan saat perkenalan dikelas dengan ditanya guru nama, asal dari mana. Sampai pada akhirnya seluruh siswa dikelas disuruh menuliskan nama masing-masing dengan tulisan arab dan ditanya maknanya serta ditanya siapa yang memberikan nama tersebut.
Sampai pada giliran ku, dengan ketidak tahuan bagaimana tulisan arabnya apalagi maknanya, maka dibantu oleh guru yang mengajar saat itu menuliskan nama محمد مفتاح عاريف dan memberitahu maknanya, محمد : kedua orangtua mu menginginkan sifat dan sikaf dengan mengikuti akhlakul karimah junjungan Nabi besar Muhammad SAW, مفتاح : kunci, عاريف: kebaikan.
Dengan demikian orangtua kamu menyimpan harapan yang sangat besar kepada mu, dengan pemberian nama tersebut. Setiap nama merupakan do'a, tentunya dengan do'alah kita menyampaikan sebuah harapan yang besar kepada Sang Pencipta, demikianlah gambaran seorang hamba yang tidak mempunyai daya dan upaya serta menunjukkan siapa yang paling kuasa pada kehidupan di dunia dan akhirat.

Kisah ini hanya sebagian kecil pengalaman yang dijalani, secoret kisah yang tak terlupakan yang berawal dari sebuah ketidak tahuan menjadi tahu. Masih banyak penglaman-pengalaman dan cerita yang masih belum di ceritakan. Insyallah dilain kesempatan akan diutarakan lagi melalui kisah kehidupan selanjutnya.

Post a Comment

0 Comments